Kamu ingin masuk dijurusan TKJ? Hmm menarik

Yuk simak penjelasan tentang TKJ . Selamat membaca ya!



TKJ  adalah salah satu jurusan yang populer di SMK. Untukmu yang memiliki minat di bidang teknologi, tidak ada salahnya untuk memilih jurusan ini di SMK. Jurusan ini terbilang kompleks dan rumit, lho. Walau begitu, kamu bisa mempelajari banyak keterampilan yang sangat bermanfaat untuk bekerja nanti.

Ingin tahu lebih banyak mengenai jurusan TKJ? Yuk simak penjelasan Gamelab di artikel ini sampai akhir!


Apa Itu TKJ?


Teknik Komputer Jaringan atau TKJ adalah jurusan kejuruan yang mempelajari seluk beluk komputer. Mulai dari cara merakit laptop dan komputer, praktik jaringan dasar, pemahaman sistem operasi, hingga mengenal berbagai komponen hardware.

Di TKJ kamu juga bisa mempelajari mengenai troubleshooting jaringan dan komponen software, lho.


KEUNGGULAN JURUSAN TKJ



Berikut beberapa keunggulan jurusan TKJ yang perlu kamu tahu agar makin mantap untuk mengambil jurusan ini di SMK.


1. Bisa Belajar Tentang Sistem Operasi

Dengan mengambil jurusan TKJ, kamu bisa mempelajari secara detail mengenai sistem operasi. Bahkan, kamu juga bisa belajar mengenai instalasi OS, sistem kerja user, hingga partisi harddisk dan konstruksi.


2. Mempelajari Jaringan

Di TKJ, kamu juga bisa belajar mengenai jaringan komputer, lengkap dengan berbagai macam tipologinya. Misal seperti server, IP address, sampai jaringan lokal.


3. Dibekali dengan Skill Troubleshooting

Skill troubleshooting yang dipelajari di jurusan ini yang membuat siswa SMK jurusan TKJ istimewa. Dengan skill ini, kamu bisa mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan yang ada pada harddisk, RAM, hingga CPU.


4. Adanya Praktik Kerja

Seperti halnya jurusan SMK lainnya, membuat siswa SMK jurusan TKJ juga diwajibkan untuk PKL atau magang. Dengan magang, kamu bisa menambah wawasan mengenai dunia kerja. Kamu juga bisa merasakan segala permasalahan nyata yang ada di dunia sehari-hari dan berkaitan dengan TKJ.

Jadi, kamu tidak hanya pandai mengenai teori dan keahlian, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman nyata di dunia industri.


5. Memiliki Peluang Kerja yang Bagus Setelah Lulus

Umumnya, setelah magang kamu bisa mendapatkan sertifikat yang bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk melamar pekerjaan. Itulah mengapa lulusan SMK, khususnya jurusan TKJ, lebih mudah untuk memperoleh pekerjaan.

Sumber : https://www.gamelab.id/news/1783-keunggulan-jurusan-tkj-dan-prospek-kerjanya


PERKEMBANGAN JURUSAN TKJ



Perkembangan teknologi komputer digital dibagi menjadi beberapa generasi. Di setiap generasi ada peningkatan yang stabil dalam algoritme, internal sistem komputer, dan bahasa pemrograman.

Sejarah singkat komputasi berikut adalah garis waktu tentang revolusi komputer. Dari awal yang sederhana hingga menjadi mesin saat ini. Yang mampu menjelajahi Internet, bermain game, dan streaming multimedia selain menghitung angka.


Berikut ini perkembangan teknologi komputer secara singkat :


Era Mekanik (1623-1945)

Gagasan menggunakan mesin untuk memecahkan masalah matematika dapat ditelusuri setidaknya hingga awal abad ke-17. Berikut perkembangan teknologi komputer di era awal:

1801: Di Prancis, Joseph Marie Jacquard menciptakan alat tenun yang menggunakan kartu kayu berlubang. Untuk mendesain kain secara otomatis. Komputer awal menggunakan kartu punch serupa kayu berlubang tersebut.

1822: Matematikawan Inggris, Charles Babbage menyusun mesin hitung bertenaga uap yang mampu menghitung tabel angka. Proyek yang didanai oleh pemerintah itu sayangnya gagal. Namun, lebih dari satu abad kemudian, komputer pertama di dunia benar-benar dibuat. Tercetus dari pemikiran Babbage.

1833: George Scheutz bersama dengan putranya Edvard Scheutz mulai mengerjakan versi yang lebih kecil. Yang terinspirasi oleh desain Babbage, dianggap yang pertama digunakan dalam ilmu komputasi.

Mesin mereka memenangkan medali emas di Pameran Paris pada tahun 1855. Kemudian mereka menjualnya ke Observatorium Dudley di Albany, New York, yang digunakan untuk menghitung orbit Mars.

1890: Herman Hollerith merancang sistem kartu punch untuk menghitung sensus tahun 1880. Dia mendirikan sebuah perusahaan yang pada akhirnya akan menjadi IBM (International Business Machines Corporation). Perusahaan komputer terkenal di dunia, bermarkas di New York, Amerika Serikat (AS).

Fungsi Keyboard pada Komputer dan Laptop yang Perlu Diketahui

1936: Alan Turing menyajikan gagasan tentang mesin universal, yang disebut mesin Turing. Mampu menghitung apa pun yang dapat dihitung. Konsep sentral dari perkembangan teknologi komputer modern, didasarkan pada ide-idenya.


Sumber : https://www.merdeka.com/trending/perkembangan-teknologi-komputer-secara-singkat-sejarahnya-tercetus-tahun-1801-kln.html?page=2#